Sabtu, 12 Januari 2013

Makeup yang Harus Dimiliki Untuk Pemula

Dulu sebelum aku punya blog teman-teman dan juga tetangga sering nanya ke aku tentang skincare maupun makeup. Kalau mau belajar dandan itu makeup yang harus dibeli apa aja? Foundation yang bagus tapi harga terjangkau itu merk apa? Dandanan buat dipake pas interview kerja yang kaya gimana ? ..bla...bla...Ada juga yang nanya lipstick yang dipake Syahrini itu merknya apa, *walah mbakyu, aku kan bukan Syahrini? sesuatu dech......bwahaha. Bahkan ada juga yang nanya apa aja skincare dan makeup stuff yang aku pake...ulalaa aku senang banget bisa membantu mereka biar jadi cantik kaya aku bisa tampil lebih maksimal dan terlihat fresh.

Berhubung pengetahuan ku sangat terbatas, jadi aku ngasih saran sebisa aku dong ya..? Lagi pula yang namanya skincare itu juga cocok-cocokan, tipe kulit tiap orang berbeda. Bagus di aku belum tentu orang lain bagus, begitu juga sebaliknya. Makeup juga begitu, meski makeupnya sama tapi orang yang memakai berbada bisa jadi hasilnya juga berbeda, ada yang iritasi ada yang nggak, ada yang stay powernya nampol ada yang so so aja.

Nah...berdasarkan pengalamanku itu aku akan berbagi sedikit tips tentang makeup apa aja yang aku gunakan waktu pertama belajar dandan dulu sampai sekarang yang suka gonta-ganti makeup hingga menemukan yang sip #halah udah nemu yang cucok' pun teteup aja penasaran nyobain yang lain, hikhik. Tapi yang aku foto di sini adalah produk-produk yang aku pakai saat ini (kalau makeup yang dulu baru pertama kali belajar sudah habis dunkz...he)

Penasaran sama benda-benda 'ajaib' yang bisa merubah penampilanmu menjadi lebih fresh dan terlihat sempurna? jeng...jeng ini dia...

1. Foundation
   Bisa dikatakan ini tahap yang paling menentukan makeup selanjutnya, mengapa? Karena jika pengaplikasiannya benar dan rata maka wajah akan terlihat soft dan natural (tidak seperti memakai dempul). Ada banyak jenis foundation yaitu cream, liquid, tinted foundation, powder foundation hingga BB cream. Kamu bisa memilih sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu, jika ingin foundation yang full coverage (daya tutup sempurna) kamu bisa memilih yang cream tapi jika ingin yang sheer /medium coverage bisa menggunakan tinted foundation, liquid foundation atau BB cream. Agar hasil maksimal pilihlah shade foundation yang mendekati warna kulitmu atau satu tingkat dibawah warna kulitmu. Karena jika kamu tidak tepat memilih shade maka wajah kamu bisa terlihat belang (terlalu putih) atau malah terlihat kusam karena shade yang terlalu gelap. Untuk pemakaian sehari-hari aku suka menggunakan liquid foundation UV  White Caring Colours karena formulanya sangat ringan.

2. Loose Powder
    Ini fungsinya sebagai setting foundation sehingga makeup jadi tahan lama dan membuat wajah tidak terlihat cakey. Aplikasikan menggunakan puff loose powder tipis-tipis atau bisa juga menggunakan powder brush. Favorit aku UV White Microfine Loose Powder Caring Colours, karena butirannya sangat halus dan mudah diblend.
 
3. Two way cake
    Twc berfungsi untuk menjaga lapisan makeup di bawahnya agar tidak bergeser. Aplikasikan menggunakan powder brush tipis-tipis seteleh menggunakan loose powder. Selain itu twc juga berfungsi sebagai touch up jika kamu sedang bepergian karena biasanya twc dilengkapi dengan cermin. Namun bagi yang tidak bersahabat dengan twc bisa menggunakan compact powder.

4. Eyeshadow
    Banyak yang mengatakan bahwa makeup mata itu menjadi daya tarik tersendiri dari makeup keseluruhan. Benar. Karena bagian mata itulah yang akan memberikan kesan tersendiri di wajah. Oleh karena itu menurut aku hal yang paling sulit dalam makeup adalah di bagian mata dan waktu mengaplikasikannya juga lama. Makanya saat mengaplikasikannya harus hati-hati dan pakai perasaan yang dalam sedalam lubuk hatimu #ehm. Untuk pemula miliki minimal 3 warna eyeshadow netral yang terdiri dari warna gelap, medium dan terang /bershimmer..Warna yang dipilih bisa gradasi cokelat, hitam, maupun abu-abu. . Bisa dilihat kan eyeshadow aku kebanyakan nuansa cokelat? sepintas warnanya mirip-mirip semua. Aku suka sekali eyeshadow netral seperti ini karena bisa dipakai untuk acara apapun, tinggal di mix and match aja.

5. Eyeliner pencil
    Benda ini memang ukurannya kecil tapi kemampuannya sangat besar untuk mengubah mata yang sayu menjadi tajam. Sedikit saja ulaskan di bawah mata dan juga di kelopak mata atas akan membuat penampilanmu berubah seketika. Berbagai jenis eyeliner tersedia di pasaran mulai dari pencil, liquid liner, pen liner hingga gel liner. Waktu aku pertama kali belajar tentu lebih senang menggunakan yang pensil karena lebih mudah dan praktis.

6. Eyebrow pencil
    Selain eyeshadow dan eyeliner, eyebrow atau alis juga tak kalah penting. Karena sedikit saja terjadi kesalahan dalam membentuk maka penampilanmu akan berubah secara keseluruhan. Pilihlah eyebrow pencil berwarna cokelat tua atau abu-abu kecoklatan dan aplikasikan tipis-tipis untuk kesan yang natural. Hindari menggunakan warna hitam karena jika tidak hati-hati menggunakannya akan membuat riasan wajah kamu medhok seperti penari Bali atau malah seperti Sinchan...hikhik

7. Mascara
    Bagi yang memiliki bulu mata panjang, tebal dan lentik tentu dapat meninggalkan benda yang satu ini. Tapi jika kamu ingin penampilan lebih dramatis maka mascara adalah benda wajib yang harus dimiliki. Ulaskan dengan gerakan zig zag agar mascara tidak menggumpal dan menyatu sempurna dengan bulu mata aslimu. Favorit aku mascaranya Mirabella Mascaramatic karena ga terlalu dramatis  memanjangkan bulu mata, jadi kesannya sangat natural dan juga dia mudah dibersihkan meski klaimnya waterproof. Aku paling sebel sama mascara yang sulit sekali dibersihkan karena bisa membuat bulu mataku rontok.<3

8. Blush on
    Setelah selesai bermain-main dengan makeup mata, gunakan blush on untuk membuat pipi terlihat bersemu dan segar. Caranya ulaskan blush on tipis dan merata dengan kuas pada bagian tulang pipi mendekati hidung. Kunci dalam pengaplikasian blush on ini adalah pembauran yang merata karena jika masih terlihat garis antara kulit pipi dengan blush on maka kesan wajah kamu tidak seperti bersemu, malah jadi seperti habis digampar atau jadi seperti Jengkellin....bwahaha

9. Lipstick
    Ini bagian terakhir dalam ritual dandan karena menggunakan  lipstick itu ga pakai ribet. Meski begitu kamu harus benar-benar bisa menentukan lipstick warna apa yang sesuai dengan warna kulit kamu, busana, waktu dan di acara apa kamu menggunakannya. Jangan lupa bagi pemilik bibir kering dan sensitif gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstick. Untuk tampilan maksimal (menghadiri undangan atau siaran) aku suka lipstick wardah yang matte no.15 Bronze Nude lalu ditimpa dengan sedikit lipgloss warna yang lebih tua. Tapi kalau untuk sehari-hari lipstick Happy Series Caring Colours no.03 Bronze Nude (namanya sama ya dengan wardah, he).

Itu tadi benda apa saja yang dipakai untuk pemula yang ingin belajar makeup. Bukan mutlak harus punya sih ya.....Untuk awal kamu bisa mencoba hanya beberapa item saja seperti foundation, loose powder, eyeliner dan lipstick. Jika sudah mulai terbiasa kamu bisa menambah sedikit demi sedikit item yang kamu perlukan. Saran aku nih...kalau buat belajar atau coba-coba sebaiknya pilih makeup yang harganya terjangkau. Soalnya biar ga mubazir kalau ga cocok #pengalaman pribadi nih...he. Sering latihan membuat kita semakin mahir menggunakan makeup yang sesuai dengan usia, busana dan waktu kita mengenakannya. Selamat mencoba ya ^.~

7 komentar:

  1. your lipstick choices are peachy perfect dear, reminds me of a flower x

    amsaima.blogspot.com
    subscribe to my youtube channel dear, i just uploaded a makeup a tutorial there. and do follow my blog as well, i'm sort of new in all this but i update regularly. so it would really mean a lot to me if you followed <3 salam

    BalasHapus
  2. Hai salam kenal. Bagus infonya,aku baru tau bedak tabur juga di pake setelah foundation. Nice info :)

    Sabinebeautysecret.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kakak salam kenal:D , kak mau tanya eyeshadow apa yang kakak pakai yang terlihat natural? aku mau coba pakai eyeshadow caring colours tp aku bingung seri berapa yang jatuhnya natural hehe mohon bantuannya yah kak, makasih

    BalasHapus
  4. riasan yang bagus itu dasarnya atau bb creamnya harus bagus juga ya ?

    BalasHapus
  5. Kak ak mau tanya dong, foundation sama loose powder itu apa beda ny sih, makasih ☺

    BalasHapus
  6. thank info nya sangat bermanfaat, kunjungi http://bit.ly/2wFUPf3

    BalasHapus